Kelpmpok 1 (4,5,9)
1. Jelaskan komponen pendukung dalam sistem pembelajaran! Minimal 2
Jawaban :
Peralatan tepat guna yaitu adalah perangkat-iperangkat keras yang digunakan dalam proses pembelajaran. Contohnya dalah LCD dan layar (screen), computer, papan tulis dan spidol, alat-alat peraga yang menyerupai benda sebenarnya (realia) atau tiruan, dan peralatan lain yang diperlukan baik didalam Maupin diluar ruang kelas.
Perpustakaan yang berfungsi dengan baik sebagai sumber belajar dan lengkap(resourceful) dapat mengangkat peserta didik menjadi lulusan yang penuh dengan ilmu pengetahuan, menguasai teknologi, dan pada giliran nya bila mampu mengnggunakn ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut untuk kebutuhan praktis, maka akan membuatnya siap memasuki lapangan kerja.
2. Di dalam komponen pendukung sistem pembelajaran salah satunya adalah laboratorium. Jelaskan laboratorium yang dimaksud dalam komponen pendukung sistem pembelajaran!
Jawaban :
Laboratorium adalah kebutuhan pokok bagi pelajaran atau mata kuliah tertentu seperti fisika, biologi, teknik. Pembelajaran seperti seni, dan pendidikan jasmani juga tidak bisa luput dari ketersediaan laboraturium. Laboratorium juga tidak melulu berada dalam ruang tertutup, seperti hal nya ilmu-ilmu sosial. Pembelajaran il u sosial juga memerlukan laboratorium yang berada di lapanagan seperti lingkungan masyarakat, instansi pemerintah dan perusahaan serta rapat-rapoat DPR-DPRD.
3. Jelaskan yang dimaksud dengan sistem perencanaan pembelajaran!
Jawaban :
suatu pemikiran atau persiapan yang dilakukan oleh guru untuk melaksanakan tugas pembelajaran terkait dengan berbagai komponen pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan melalui langkah-langkah pembelajaran.
Kelompok 2 (2,5,9)
1. Sebutkan konsep-konsep yang terkandung didalam kompetensi!
Jawaban :
Ø Pengetahuan (knowledge) yaitu kesadarabn dalam bidang kognitif.
Ø Pemahaman (understanding) yaitu kedalaman kognitif dan afektif yang dimiliki oleh individu.
Ø Kemampuan (skill) yaitu sesutau yang dimiliki oleh individu untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepadanya.
Ø Sikap (attitude) yaitu reaksi terhadap suatu rangsangan terhadap yang datang dari luar.
Ø Minat (interest) yaitu kecenderungan seseorang unutuk melakukan sesuatu perbuatan.
2. Jelaskan maksud dari strategi pembelajaran!
Jawaban :
strategi pembelajaran berarti tahapan dan langkah kegiatan pembelajaran untuk mempresentasikan isis pembelajaran secara runtut, dengan menggunakan metode, media, dan alat pembelajaran yang sesuai dalam rentang waktu tertentu sampai peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan.
3. Jelaskan bagaimana cara kerja model pembelajaran student active learning!
Jawaban :
dalam pembelajaran siswa aktif, guru dan siswa sama-sama aktif. Masing-masing tahu akan tugasnya masing-masing. Guru mengajar dan siswa diajar. Dalam pembelajaran model ini guru dituntut untuk dapat menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan dan juga mengemukakan gagasannya.
Kelompok 3 (3,4,8)
1. Sebutkan fungsi desain pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar!
Jawaban :
Ø Sebagai acuan atau pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran.
Ø Menjadikan guru lebih siap dan percaya diri dalam menjalankan tugas mengajar.
Ø Meningkatkan kemampuan guru.
2. Sebutkan komponen-komponen desain pembelajaran!
Jawaban :
Ø Tujuan pembelajaran.
Ø Bahan ajar.
Ø Siswa yang menerima pelayanan belajar.
Ø Guru.
Ø Metode dan pendekatan.
Ø Situasi.
Ø Evaluasi kemajuan belajar.
3. Apa kepanjangan dari model ADDIE? Sebutkan dan jelaskan!
Jawaban :
Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation.
Ø Analysis : menganalisis kebutuhan untuk menetukan masalah dan solusi yang tepat dan menentukan kompetensi siswa.
Ø Desain : menentukan kompetensi khusus, metode, bahan ajar, dan pembelajaran.
Ø Development : memproduksi program dan bahan ajar yang akan digunakan dalam program pembelajaran.
Ø Implementation: melaksanakan program pembelajaran dengan menerapkan desain atau spesifikasi program pembelajaran.
Ø Evaluation : melakukan evaluasi program pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.
Kelompok 4 (1,4,10)
1. Apakah yang dimaksud dengan mengidentifikasi kebutuhan instruksional?
Jawaban :
Mengidentifikasi terjadinya kesenjangan antara kondisi saat ini dan kondisi yang diharapkan, serta menilai apakah kesenjangan itu menjadi prioritas untuk diatasi karena sangat berpengaruh terhadap kinerja sistem keseluruhan.
2. Apakah yang dimaksud dengan tujuan instruksional menurut Robert F. Magner?
Jawaban :
Menurut Robert F. Magner tujuan instruksional ialah tujuan perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa sesuai kompetensi.
3. Sebutkan cakupan ranah psikomotorik!
Jawaban :
Cakupan dalam ranah psikomotorik meliputi kemampuan meniru melakukan suatu gerak, memanipulasi gerak, merangkaikan berbagai gerakan, dan melakukan gerakan dengan tepat dan wajar.
Kelompok 5 (4,6,7)
1. Jelaskan pengertian analisis instruksional menurut Dick and Carey 2005 ?
Jawaban :
Analisis instruksional sebagai perangkat (satu set) prosedur yang ketika dipublikasikan ketujuan instruksional, menghasilkan pengindentifikasian langkah-langkah yang sesuai untuk melaksanakan tujuan dan keterampilan subordinate bagi si belajar dalam rangka mencapai tujuan.
2. Sebutkan 3 kegunaan analisis instruksional ?
Jawaban :
Ø Membantu para guru atau pendidik untuk mengorganisisr tugas-tugas pokok berhubungan dengan sub-tugas yang harus dipelajari oleh siswa.
Ø Mebantu para guru dalam menganalisis tingkah laku (behavior) dengan masing-masing tugas pokok maupun sub-tugas.
Ø Membantu para penyusun design instruksional dan para guru/pendidik untuk memperkirakan waktu yang diperlukan untuk belajar sehingga siswa dapat melaksanakan tugas dengan baik.
3. Hal hal apa saja yang harus diperhatikan dalam melaksanakan analisis instruksional.
Jawaban :
langkah pertama yaitu menganalisis tujuan dalam menganalisis tujuan hal yang harus diperhatikan pengklarifikasi pernyataan tujuan berdasarkan domain belajar yang akan muncul ada 4 domain belajar.
Ø Keterampilan intelektual.
Ø Informasi verbal.
Ø Sikap.
Ø Keterampilan psikomotor.
Kelompok 6 (3,7,9)
1. Apa yang dimaksud dengan kompetensi dasar (KD) ?
Jawaban :
kompetensi dasar (KD) adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan.
2. Prinsip apa saja yang perlu diperhatikan dalam merumuskan kompetensi dasar ?
Jawaban :
Ø Meluas, artinya siswa memperoleh kesempatan yang luas untuk belajar
Ø Seimbang, artinya setiap peserta kompetensi perlu dapat dicapai melalui alokasi waktu yang cukup dan efektif
Ø Relevan, dimana setiap kompetensi terkait dengan penyiapan peserta didik untuk meningkatkan mutu kehidupan melalui kesempatan pengalaman
Ø Perbedaan, merupakan pelayanan individual
3. Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk dapat merumuskan KD ?
Jawaban :
Ø Rumusan tujuan yang dibuat harus berpusat pada siswa
Ø Rumusan KD harus mencerminkan tingkah laku operasional
Ø Rumusan KD harus berisikan makna dari pokok-pokok materi yang akan diajarkan pada saat kegiatan belajar mengajar
Kelompok 7 (2,4,9)
1. Apa tujuan dari alat Penilaian Acuan Patokan (PAP)?
Jawaban :
PAP memiliki tujuan yaitu untuk mengukur secara pasti tujuan atau kompetensi yang dityetapkan sebagai kriteria keberhasilannya.
2. Mengapa dalam PAP tidak digunakan perhitungan statistik?
Jawaban :
Hal itu karena PAP cara penilainnya menggunakan acuan atau patokan yang absolut dan tidak berubah sesuai dengan ketentuannya sehingga tidak perlu menggunakan aperhitungan statistik.
3. Mengapa Menggunakan kriteria yang relatif?
Jawaban :
Hal itu karena PAN menggunakan kriteria yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam suatu komunitas, dalam hal ini guru berhak menentukan kriteria acuan norma tersebut.
Kelompok 8 (6,7,9)
1. Bagaimana cara memilih metode instruksional untuk mencapai tujuan instruksional ? berikan contoh !
Jawaban :
pengembang instruksional harus memilih metode yang sesuai untuk setiap TIK yang ingin dicapai.
Contoh :
TIK = Jika diberikan tampilan audiovisual tentang sebuah cerita siswa dapat menentukan tema cerita dari video
Metode = Diskusi
2. Apa fungsi dari metode instruksional ?
Jawaban :
Metode instruksional berfungsi sebagai cara dalam menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan) isi pelajaran kepada mahasiswa untuk mencapai tujuan tertentu.
3. Apa pentingnya menghitung jumlah waktu yang dibutuhkan bagi peserta didik dan pengelola program ?
Jawaban :
Bagi peserta didik jumlah waktu itu merupakan petunjuk dalam mengelola waktu belajarnya. Sedangkan bagi pengelola program pendidikan jumlah waktu yang dibutuhkan peserta didik merupakan petunjuk tentang bobot mata pelajaran.
Kelompok 9 (1,6,9)
1. Sebutkan langkah-langkah dalam mengembangkan bahan pengajaran konvensional?
Jawaban :
Ø Menulis deskripsi singkat isi pelajaran yang disimpulkan dari sub komponen.
Ø Menulis topic dan jadwal pelajaran yang diangkat dari setiap sub komponen.
Ø Menyusun tugas dan jadwal penyelesaian yang di lakukan mahasiswa.
Ø Menyusun cara pemberian nilai hasil pelaksanaan tugas.
2. Apa yang di maksut dengan bahan ajar intruksional tatap muka, jelaskan?
Jawaban :
Kegiatan instruksional ini berlangsung dengan menggunakan pengajar sebagai satu-satunya sumber belajar dan sekaligus bertindak sebagai penyaji isi pelajaran. Pengajaran ini tidak menggunakan bahan belajar apapun, kecuali garis-garis besar isi dan jadwal pelajaran yang disampaikan pada permulaan pelajaran, beberapa transparansi, lembaran kertas yang berisi gambar, bagan, dan formulir-formulir isian yang digunakan dalam latihan selama proses pengajaran. Siswamengikuti kegiatan instruksional tersebut dengan cara mendengarkan ceramah dari pengajar, mencatat, mengisi formulir, dan mengajarkan tugas-tugas yang diberikan oleh pengajar.
3. Sebutkan kriteria pemilihan bahan ajar yang baik dan benar?
Jawaban :
Ø Isi pelajaran hendaknya cukup valid, artinya kebenaran materi dapat dipahami dan mencapai tujuan.
Ø Bahan yang diberikan haruslah cukup berarti dan bermanfaat, hal itu berupa keluasan dan kedalaman bahan.
Ø Bahan hendaknya menarik.
Ø Bahan hendaknya berbeda dalam batas-batas kemampuan untuk mempelajarinya
Kelompok 10 (2,4,10)
1. Sebutkan landasan yang digunakan dalam pemilihan media instruksional?
Jawaban :
Ø Landasan psikologis
Ø Landasan Sosiologis
Ø Landasan Teknologis
Ø Landasan filosofis
Ø Landasan Historis
2. Jelaskan fungsi media instruksional?
Jawaban :
saat ini media belajar mempunyai fungsi sebagai berikut:
Ø Membantu memudahkan belajar bagi siswa dan membantu memudahkan mengajar bagi guru.
Ø Memberikan pengalaman lebih nyata (yang abstrak dapat menjadi kongkrit).
Ø Menarik perhatian siswa lebih besar (jalannya pelajaran tidak membosankan).
Ø Semua indera siswa dapat diaktifkan, kelemahan satu indera dapat diimbangi oleh kekuatan indera lainnya.
Ø Lebih manarik perhatian dan minat belajar siswa dalam belajar.
3. Bagaimana jika guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran?
Jawaban :
Ø Guru kesulitan dalam penyampaian materi dan biasanya materi yang disampaikan oleh guru kurang jelas.
Ø Siswa kurang termotivasi atau terdorong dalam belajar.
Ø Siswa merasa bosan ketika guru menyampaikan materi.
Ø Siswa kurang mendapatkan pengalaman yang nyata berkaitan dengan materi.
No comments:
Post a Comment