Sunday, February 13, 2022

PERENCANAAN PEMBELAJARAN

 

Kelompok 9 (PengembanganBahanInstruksional)

Ø  Cindy NurAzizah        : 1501070160

Ø  Diana Suryani             : 1501070039

Ø  Eli Puspita                   : 1501070049

Ø  VickaMerciana R        : 1501070318

 

1.    Sebutkanlangkah-langkahdalammengembangkanbahanpengajarankonvensional?

Jawab:

a.    Menuliisdeskripsisingkatisipelajaran yang disimpulkandari sub komponen.

b.    Menulis topic danjadwalpelajaran yang di angkatdarisetiap sub komponen.

c.    Menyusuntugasdanjadwalpenyelesaian yang di lakukanmahasiswa.

d.   Menyusuncarapemberiannilaihasilpelaksanaantugas.

 

2.      Sebutkanmacam-macampengembanganbahanintruksional?

Jawab :

a.    Pengembanganbahan ajar mandiri

b.    Pengembanganbahankonvensional

c.    Pengembanganbahansiswa (pbs)

 

3.      Ada 3 haluntukmenelitikualitasteknisbahan ajar, sebutkan !

Jawab :

a.    Bahasa yang sederhana.

b.    Bahasa yang komunikatif.

c.    Desainfisik

 

4.      Jelaskanapa yang dimaksuddenganbahanintruksional?

Jawab :

Ø Segalabentukbahan yang digunakanuntukmembantu guru/instrukturdalammelakukankegiatanpembelajaran di kelas.

 

5.      Sebutkan 3 keuntungandaribelajarkegiataninstruksionalmandiri?

Jawab :

a.    Biayapembelajarannyatidakmahal, karenadiikutiolehbanyaksiswa.

b.    Mahasiswadapatmajumenurutkecepatannyamasing-masing.

c.    Bahanajardapatdireviewuntukrevisisecarabertahap, untukmengatasihalhal yang kurangjelas.

 

 

6.      Apa yang di maksutdenganbahan ajar intruksionaltatapmuka, jelaskan?

Jawab:

Ø Kegiataninstruksionaliniberlangsungdenganmenggunakanpengajarsebagaisatu-satunyasumberbelajardansekaligusbertindaksebagaipenyajiisipelajaran. Pengajaraninitidakmenggunakanbahanbelajarapapun, kecualigaris-garisbesarisidanjadwalpelajaran yang disampaikanpadapermulaanpelajaran, beberapatransparansi, lembarankertas yang  berisigambar, bagan, danformulir-formulirisian yang digunakandalamlatihanselama proses pengajaran. siswamengikutikegiataninstruksionaltersebutdengancaramendengarkanceramahdaripengajar, mencatat, mengisiformulir, danmengajarkantugas-tugas yang diberikanolehpengajar.

 

7.      Jelaskanapa yang dimaksutdengandesainfisik?

Jawab:

Ø Suatumodul yang khususnyaberbentuk media cetak, harusartisik, rapi, menarik, dandiketikdenganjelassertatidakterlalurapat.

 

8.      Sebutkantujuanpenyusunanbahan ajar?

Jawab :

a.       Membantupesertadidikdalammempelajarisesuatu.

b.      Menyediakanberbagaijenisbahan ajar, sehinggamencegahtimbulnya rasa bosanpesertadidik.

c.       Memudahkanpesertadidikdalammelaksanakanpembelajaran.

d.      Agar kegiatanpembelajaranmenjadilebihmenarik.

 

9.      Sebutkankiteriapemilihanbahanajar yang baikdanbenar?

Jawab :

a.       Isi pelajaranhendaknyacukup valid, artinyakebenaranmateridapat d pahamidanmencapaitujuan.

b.      Bahan yang diberikanharuslahcukupberartidanbermanfaat, halituberupakeluasandankedalamanbahan.

c.       Bahanhendaknyamenarik.

d.      Bahanhendaknyaberbedadalambatas-bataskemampuanuntukmmempelajarinya.

 

10.  Sebutkanfungsibahan ajar?

Jawab :

a.       Untukmengarahkansemuaaktivitas guru dalam proses pembelajaransekaligusmerupakansubtansikompetensi yang seharusnya di ajarkankepadasiswa.

b.      Sebagaialatevaluasipencapaianhasilpembelajaran.

No comments:

Post a Comment

DISCOURSE ANALYSIS : LEXICAL COHESION