Kelompok 9 (PengembanganBahanInstruksional)
Ø Cindy NurAzizah : 1501070160
Ø Diana Suryani : 1501070039
Ø Eli Puspita : 1501070049
Ø VickaMerciana R : 1501070318
1. Sebutkanlangkah-langkahdalammengembangkanbahanpengajarankonvensional?
Jawab:
a. Menuliisdeskripsisingkatisipelajaran yang disimpulkandari sub komponen.
b. Menulis topic danjadwalpelajaran yang di angkatdarisetiap sub komponen.
c. Menyusuntugasdanjadwalpenyelesaian yang di lakukanmahasiswa.
d. Menyusuncarapemberiannilaihasilpelaksanaantugas.
2. Sebutkanmacam-macampengembanganbahanintruksional?
Jawab :
a. Pengembanganbahan ajar mandiri
b. Pengembanganbahankonvensional
c. Pengembanganbahansiswa (pbs)
3. Ada 3 haluntukmenelitikualitasteknisbahan ajar, sebutkan !
Jawab :
a. Bahasa yang sederhana.
b. Bahasa yang komunikatif.
c. Desainfisik
4. Jelaskanapa yang dimaksuddenganbahanintruksional?
Jawab :
Ø Segalabentukbahan yang digunakanuntukmembantu guru/instrukturdalammelakukankegiatanpembelajaran di kelas.
5. Sebutkan 3 keuntungandaribelajarkegiataninstruksionalmandiri?
Jawab :
a. Biayapembelajarannyatidakmahal, karenadiikutiolehbanyaksiswa.
b. Mahasiswadapatmajumenurutkecepatannyamasing-masing.
c. Bahanajardapatdireviewuntukrevisisecarabertahap, untukmengatasihalhal yang kurangjelas.
6. Apa yang di maksutdenganbahan ajar intruksionaltatapmuka, jelaskan?
Jawab:
Ø Kegiataninstruksionaliniberlangsungdenganmenggunakanpengajarsebagaisatu-satunyasumberbelajardansekaligusbertindaksebagaipenyajiisipelajaran. Pengajaraninitidakmenggunakanbahanbelajarapapun, kecualigaris-garisbesarisidanjadwalpelajaran yang disampaikanpadapermulaanpelajaran, beberapatransparansi, lembarankertas yang berisigambar, bagan, danformulir-formulirisian yang digunakandalamlatihanselama proses pengajaran. siswamengikutikegiataninstruksionaltersebutdengancaramendengarkanceramahdaripengajar, mencatat, mengisiformulir, danmengajarkantugas-tugas yang diberikanolehpengajar.
7. Jelaskanapa yang dimaksutdengandesainfisik?
Jawab:
Ø Suatumodul yang khususnyaberbentuk media cetak, harusartisik, rapi, menarik, dandiketikdenganjelassertatidakterlalurapat.
8. Sebutkantujuanpenyusunanbahan ajar?
Jawab :
a. Membantupesertadidikdalammempelajarisesuatu.
b. Menyediakanberbagaijenisbahan ajar, sehinggamencegahtimbulnya rasa bosanpesertadidik.
c. Memudahkanpesertadidikdalammelaksanakanpembelajaran.
d. Agar kegiatanpembelajaranmenjadilebihmenarik.
9. Sebutkankiteriapemilihanbahanajar yang baikdanbenar?
Jawab :
a. Isi pelajaranhendaknyacukup valid, artinyakebenaranmateridapat d pahamidanmencapaitujuan.
b. Bahan yang diberikanharuslahcukupberartidanbermanfaat, halituberupakeluasandankedalamanbahan.
c. Bahanhendaknyamenarik.
d. Bahanhendaknyaberbedadalambatas-bataskemampuanuntukmmempelajarinya.
10. Sebutkanfungsibahan ajar?
Jawab :
a. Untukmengarahkansemuaaktivitas guru dalam proses pembelajaransekaligusmerupakansubtansikompetensi yang seharusnya di ajarkankepadasiswa.
b. Sebagaialatevaluasipencapaianhasilpembelajaran.
No comments:
Post a Comment