Kelompok 4: Mengidentifikasi Kebutuhan Instruksional dan Menulis Tujuan Instruksional Umum
1. Cia Karunia Anggraini 1501070159
2. Desnila Sahara 1501070239
3. Rofiqoh 1501070111
4. Siti Khasanah 1501070306
SOAL
1. Apakah yang dimaksud dengan mengidentifikasi kebutuhan instruksional?
2. Apakah yang dimaksud dengan kebutuhan instruksional?
3. Sebutkan tiga sumber informasi dalam mengidentifikasi kebutuhan instruksional!
4. Apakah yang dimaksud dengan tujuan instruksional menurut Robert F. Magner?
5. Sebutkan pengertian tujuan instruksional menurut Fred Percival dan Henry Ellington!
6. Sebutkan macam-macam tujuan instruksional!
7. Apakah yang dimaksud dengan tujuan instruksional umum?
8. Sebutkan kawasan atau ranah tujuan instruksional menurut Bloom!
9. Apakah yang dimaksud dengan ranah kognitif?
10. Sebutkan cakupan ranah psikomotorik!
JAWABAN
1. Mengidentifikasi terjadinya kesenjangan antara kondisi saat ini dan kondisi yang diharapkan, serta menilai apakah kesenjangan itu menjadi prioritas untuk diatasi karena sangat berpengaruh terhadap kinerja sistem keseluruhan.
2. Kebutuhan instruksional adalah kesenjangan keadaan saat ini dibandingkan dengan keadaan yang diharapkan atau seharusnya.
3. Peserta didik, masyarakat, dan pendidik.
4. Menurut Robert F. Magner tujuan instruksional ialah tujuan perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa sesuai kompetensi.
5. Fred Percival dan Henry Ellington mendefinisikan tujuan instruksional sebagai suatu pernyataan yang jelas menunjukkan penampilan/keterampilan yang diharapkan sebagai hasil dari proses belajar.
6. Tujuan instruksional dibagi menjadi dua, yaitu:
a. Tujuan Instruksional Umum (TIU)
b. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
7. Tujuan Instruksional Umum (TIU) adalah tujuan pengajaran dimana perubahan perilaku siswa yang belajar masih merupakan perubahan internal yang belum dapat dilihat dan diukur.
8. Bloom membagi tujuan intruksional menjadi 3 kawasan atau ranah, yaitu:
a. Ranah kognitif
b. Ranah psikomotorik
c. Ranah afektif
9. Ranah kognitif ialah ranah yang tujuannya menitikberatkan pada kemampuan berfikir.
10. Cakupan dalam ranah psikomotorik meliputi kemampuan meniru melakukan suatu gerak, memanipulasi gerak, merangkaikan berbagai gerakan, dan melakukan gerakan dengan tepat dan wajar.
No comments:
Post a Comment