Sunday, February 13, 2022

PERENCANAAN PEMBELAJARAN

 

Kelompok 2

 

1.    Apa yang dimaksud dengan pembelajaran?

Jawab: pembelajaran adalah perubahan perilaku (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) sebagai hasil dari interaksi anatar siswa dan lingkungan pembelajaran.

2.    Sebutkan konsep-konsep yang terkandung didalam kompetensi!

a.    Pengetahuan (knowledge) yaitu kesadarabn dalam bidang kognitif.

b.    Pemahaman (understanding) yaitu kedalaman kognitif dan afektif yang dimiliki oleh individu.

c.    Kemampuan (skill) yaitu sesutau yang dimiliki oleh individu untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepadanya.

d.   Sikap (attitude) yaitu reaksi terhadap suatu rangsangan terhadap yang datang dari luar.

e.    Minat (interest) yaitu kecenderungan seseorang unutuk melakukan sesuatu perbuatan.

3.    Sebutkan tiga komponen pencapaian pembelajaran berbasis kompetensi!

a.    Pemilihan dan perumusan kompetensi yang tepat.

b.    Spesifikasi indikator oenilaian untuk menentukan pencapaian komptenesi.

c.    Pengembangan sistem penyampaian yang fungsional dan relevan dengan komptenesi dan sisten penilaian.

4.    Sebutkan karakteristik-karakteristik yang terkandung didalam pembelajaran berbasis kompetensi!

a.    Menekankan pada keterapaian komptensi peserta didik.

b.    Berorientasi pada hasil belajar dan keragaman.

c.    Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi.

d.   Sumber belajar bukan hanya guru tetapi sumber belajar yang lain yang memenuhi unsur edukatif.

e.    Penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan atau pencapaian kompetensi.

5.    Jelaskan maksud dari strategi pembelajaran!

Jawab: strategi pembelajaran berarti tahapan dan langkah kegiatan pembelajaran untuk mempresentasikan isis pembelajaran secara runtut, dengan menggunakan metode, media, dan alat pembelajaran yang sesuai dalam rentang waktu tertentu sampai peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan.

6.    Bagaimana pengajar dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kompetensinya?

a.    Pengajar perlu menguasai bahan pembelajaran dengan baik.

b.    Pengajar perlu terampil merancang dan melaksanakan strategi pembelajaran.

c.    Pengajar perlu mampu menggunakan sumber belajar yang tersedia di sekolah.

7.    Sebutkan ciri-ciri model pembelajaran individual learning!

a.    Memungkinkan siswa belajar sendiri.

b.    Memperhatikan perbedaan kecepatan belajar siswa.

c.    Terdapat kejelasan tujuan yang harus dipahami.

d.   Memungkinkan siswa berpartisipasi aktif.

8.    Jelaskan maksud dari mastery learning!

Jawab: mastery leraning merupakan metode pembelajaran yang menganggap semua anak dapat belajar jika mereka diberikan dengan kondisi pembelajaran yang tepat dan siswa dapat menunjukkan kemahirannya.

9.    Jelaskan bagaimana cara kerja model pembelajaran student active learning!

Jawab: dalam pembelajaran siswa aktif, guru dan siswa sama-sama aktif. Masing-masing tahu akan tugasnya masing-masing. Guru mengajar dan siswa diajar. Dalam pembelajaran model ini guru dituntut untuk dapat menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan dan juga mengemukakan gagasannya.

10.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan kompetensi!

Jawab: kompetensi ialah sebagai penguasaan terhadap suatu tugas, keterampilan, sikap dan apresiasi yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan.

No comments:

Post a Comment

DISCOURSE ANALYSIS : LEXICAL COHESION