1. Pertanyaan :
Apa pengertian dari media pembelajaran?
Jawaban :
Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.
2. Pertanyaan :
Sebutkan landasan yang digunakan dalam pemilihan media instruksional?
Jawaban :
a) Landasan psikologis
b) Landasan Sosiologis
c) Landasan Teknologis
d) Landasan filosofis
e) Landasan Historis
3. Pertanyaan:
Sebutkan dan jelaskan macam macam media instruksional?
Jawaban :
1) Media Auditif
Media auditif adalah media yang mengandalkan kemampuan suara saja seperti radio, cassette recorder, piringan hitam. Media ini tidak cocok untuk orang tuli atau tidak mempunyai kelainan dalam pendengaran.
2) Media Visual
Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip (film rangkai), slides (film bingkai), foto, gambar atau lukisan, cetakan. Adapun media visual yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, film kartun.
3) Media Audio visual
Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemmpuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan yang kedua.
4. Peratanyaan :
Jelaskan fungsi media instruksional?
Jawaban :
saat ini media belajar mempunyai fungsi sebagai berikut:
a. Membantu memudahkan belajar bagi siswa dan membantu memudahkan mengajar bagi guru.
b. Memberikan pengalaman lebih nyata (yang abstrak dapat menjadi kongkrit).
c. Menarik perhatian siswa lebih besar (jalannya pelajaran tidak membosankan).
d. Semua indera siswa dapat diaktifkan, kelemahan satu indera dapat diimbangi oleh kekuatan indera lainnya.
e. Lebih manarik perhatian dan minat belajar siswa dalam belajar.
5. Pertanyaan :
Sebukan contoh media dua dimensi dan tiga dimensi?
Jawaban:
a. Media dua dimensi seperti gambar, foto, grafik, bagan, poster, dan kartun.
b. Media tiga dimensi yaitu dalam bentuk model seperti model padat (solid model), model penampang, model susun, dan model kerja.
6. Pertanyaan :
Apa pengertiandari media?
Jawaban :
Istilah media itu sendiri berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata "medium" yang secara harfiah berarti "perantara" yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver).
7. Pertanyaan.
Jelaskan prinsip prinsip media instruksional ?
Jawaban :
a. Prinsip efektifitas dan efesiensi
Dalam konsep pembelajaran, efektipitas adalah keberhasilan pembelajaran yang di ukur dari tingkat ketecapaian tujuan setelah pembelajaran selesai dilaksanakan. Jika semua tujuan pembelajaran telah tercapai maka pembelajaran disebut efektif, sedangkan efesiensi adalah tujuan pencapaian tujuan pembelajaran dengan menggunakan media, waktu dan sumber daya lain seminimal mungkin.
b. Prinsif relevan
Relevansi ini ada dua macam yaitu relevansi kedalam dan relevansi keluar. Relevansi kedalam adalah pemilihan media pembelajaran yan mempertimbangkan kesesuaian dan sinkronisasi antara tujuan, isi, strategi dan evaluasi materi pembelajaran.
c. Prinsif produktifitas
Produktifitas dalam pembelajaran dapat dipahami pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal dengan menggunakan sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam.
8. Pertanyaan:
Jelaskan kriteria pemilihan media instruksional?
Jawaban:
a. Sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Media dipilih berdasarkan tujuan instruksional yang telah ditetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
b. Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi. Agar dapat membantu proses pembelajaran yang efektif, media harus selaras dan sesuai dengan kebutuhan tugas pembelajaran dan kemampuan mental siswa.
c. Praktis, luwes, dan bertahan. kriteria ini menuntun para guru untuk memilih media yang ada, mudan diperoleh, atau mudah dibuat sendiri oleh guru.
d. Guru terampil menggunakannya. Ini merupakan kriteria yang paling utama, tidak akan berarti apa-apa jika guru tidak dapat menggunakan media dalam proses belajar mengajar sebagai upaya mempertinggi mutu dan hasil belajar.
e. Pengelompokan sasaran. Media yang efektif untuk kelompok besar belum tentu sama efektifnya jika digunakan pada kelompok kecil atau perorangan, oleh karena itu sangat dibutuhkan pengelompokan sasaran tersebut.
9. Pertanyaan :
Apa yang dimaksud media audio visual dan berikan contohnya?
Jawaban :
Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemmpuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan yang kedua. Media ini dibagi menjadi dua, antara lain:
a) Audiovisual diam, yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam seperti bingkai, suara (sound slide), film rangkai suara, cetak suara.
b) Audiovisual gerak, yaitu media yang dapat, menampilkan unsur suara dangambar yang bergerak seperti film suara dan video-casette..
10. Pertanyaan :
Bagaimana jika guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran?
Jawaban :
a. Guru kesulitan dalam penyampaian materi dan biasanya materi yang disampaikan oleh guru kurang jelas.
b. Siswa kurang termotivasi atau terdorong dalam belajar.
c. Siswa merasa bosan ketika guru menyampaikan materi.
d. Siswa kurang mendapatkan pengalaman yang nyata berkaitan dengan materi.
No comments:
Post a Comment