KELOMPOK 8
STRATEGI INSTRUKSIONAL
SOAL
1. Jelaskan pengertian strategi instruksional ?
Jawaban : strategi instruksional merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengorganisasian materi pelajaran dan peserta didik, peralatan dan bahan, serta alokasi waktu yang digunakan dalam proses instruksional untuk mencapai tujuan instruksional yang telah ditentukan.
2. Apa saja komponen yang dapat menyusun strategi instruksional ?
Jawaban :
a) Urutan kegiatan instruksional
b) Metode instruksional
c) Media instruksional
d) Waktu
3. Sebutkan 3 langkah yang terdapat dalam subkomponen pendahuluan ?
Jawaban :
a) Penjelasan Singkat tentang Isi Pelajaran
b) Penjelasan Relevansi Isi Pelajaran Baru
c) Penjelasan tentang Tujuan Instruksional
4. Sebutkan pokok-pokok yang terdapat dalam subkomponen penyajian ?
Jawaban :
a) Uraian
b) Contoh
c) Latihan
d) Tes formatif
e) Rangkuman
f) Glosarium
5. Apa yang dimaksud dengan tes formatif ?
Jawaban : Tes formatif adalah suatu set pertanyaan untuk dijawab, atau seprangkat tugas untuk dilakukan dalam rangka mengukur tingkat pencapaian dan kemajuan belajar peserta didik setelah menyelesaikan suatu tahap pembelajaran.
6. Bagaimana cara memilih metode instruksional untuk mencapai tujuan instruksional ? berikan contoh !
Jawaban : pengembang instruksional harus memilih metode yang sesuai untuk setiap TIK yang ingin dicapai.
Contoh :
TIK = Jika diberikan tampilan audiovisual tentang sebuah cerita siswa dapat menentukan tema cerita dari video
Metode = Diskusi
7. Apa fungsi dari metode instruksional ?
Jawaban : Metode instruksional berfungsi sebagai cara dalam menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan) isi pelajaran kepada mahasiswa untuk mencapai tujuan tertentu.
8. Sebutkan fungsi media dalam kegiatan instruksional ? minimal 5
Jawaban :
a) Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata menjadi lebih besar.
b) Menyajikan benda atau peristiwa yang terletak jauh dari mahasiswa ke hadapan peserta didik.
c) Menyajikan peristiwa yang kompleks, rumit, berlangsung dengan sangat cepat atau sangat lambat menjadi lebih sistematis dan sederhana.
d) Menampung sejumlah besar peserta didik untuk mempelajari materi pelajaran dalam waktu yang sama.
e) Menyajikan benda atau peristiwa berbahaya ke hadapanpeserta didik;
f) Meningkatkan daya tarik pelajaran dan perhatian peserta didik;
g) Meningkatkan sistematikan pengajaran.
9. Apa pentingnya menghitung jumlah waktu yang dibutuhkan bagi peserta didik dan pengelola program ?
Jawaban : Bagi peserta didik jumlah waktu itu merupakan petunjuk dalam mengelola waktu belajarnya. Sedangkan bagi pengelola program pendidikan jumlah waktu yang dibutuhkan peserta didik merupakan petunjuk tentang bobot mata pelajaran.
10. Uraikan tahapan penyusunan strategi instruksional ?
Jawaban :
a) Menentukan TIK
b) Membuat tabel dengan format; kolom 1 berisi pendahuluan, penyajian dan penutup, kolom 2 diis urutan kegiatan instruksional sesuai dengan TIK, kolom 3 berisi garis besar materi, kolom 4 berisi metode, kolom 5 berisi media, kolom 6 berisi waktu.
No comments:
Post a Comment