ALAT PENILAIAN HASIL BELAJAR
(PAN dan PAP)
1. Apa yang dimaksud dengan Penilaian Acuan Patokan (PAP)?
Jawab :
PAP adalah penilaian yang membandingkan skor yang diperoleh peserta didik dengan suatu standar atau norma absolut.
2. Apa tujuan dari alat Penilaian Acuan Patokan (PAP)?
Jawab :
PAP memiliki tujuan yaitu untuk mengukur secara pasti tujuan atau kompetensi yang dityetapkan sebagai kriteria keberhasilannya.
3. Sebutkan alasan digunakannnya PAP!
Jawab :
a. Dengan PAP dapat diketahui hasil belajar yang sebenarnya
b. Dengan PAP tidak diperlukan perhitungan statistik
c. Dengan PAP hanya ada satu makna nilai yang sama
4. Mengapa dalam PAP tidak digunakan perhitungan statistik?
Jawab :
Hal itu karena PAP cara penilainnya menggunakan acuan atau patokan yang absolut dan tidak berubah sesuai dengan ketentuannya sehingga tidak perlu menggunakan aperhitungan statistik.
5. Sebutkan kelebihan Alat Penilaian Acuan Patokan!
Jawab :
a. Hasil PAP dapat dijadikan umpan balik bagi guru sebagai intropeksi tentang program pembelajaran yang te;ah dilaksanakan.
b. Hasil PAP dapat membantu guru dalam mengambil keputusan tentang per;lu atau tidaknya penyajian ulang materi tertentu.
c. Hasil PAP dapat membantu guru merancang pelaksanaan program tertentu.
6. Apa yang dimaksud dengan Alat Penilaian Acuan Norma (PAN)?
Jawab :
PAN adalah suatu alat penilaian yang membandingkan skor yang diperoleh peserta didik dengan srtandar atau norma relatif.
7. Sebutkan tujuan digunakannya PAN!
Jawab :
PAN memiliki tujuan yaitu untuk membedakan peserta didik atas kelompok-kelompok tingkat kemampuan mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi.
8. Sebutkan ciri penilaian PAN!
Jawab :
a. Menentukan status setiap peserta didik
b. Bersifat relatif
c. Tidak mencerminkan tingkat kemampuan siswa melainkan menunjuk kedudukan (peringkat) peserta didik dalam suatu komunitasnya
d. Menggunakan rentangan tingkat pengusaaan seseorang
9. Mengapa Menggunakan kriteria yang relatif?
Jawab :
Hal itu karena PAN menggunakan kriteria yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam suatu komunitas, dalam hal ini guru berhak menentukan kriteria acuan norma tersebut.
10. Sebutkan 3 perbedaan PAP dan PAN!
Jawab :
a. PAN mengukur sejumlah besar perilaku khusus dengan sedikit butir tes untuk setiap perilaku sedangkan PAP mengukur sedikit perilaku khusus dengan banyak butir tes untuk setiap perilaku.
b. PAN menekankan perbedaan diantara peserta didik dari segi pencapaian belajar sedangakan PAP menekankan penjelasan tentang apa perilaku yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh setiap peserta didik.
c. PAN digunakan untuk survey sedangkan PAP digunakan terutama untuk penguasaan.
No comments:
Post a Comment